Skip to main content

Pertanyan dan Jawaban Seputar Persiapan Keberangkatan ke Melbourne

Tulisan ini memuat beberapa pertanyaan teman yang disampaikan lewat email dan facebook terkait dengan Victoria University dan beberapa hal lain terkait dengan persiapan keberangkatan dan proses settling down di masa-masa awal kedatangan. Format pertanyaan sudah mengalami proses editing tanpa mengurangi maksud dan isi pertanyaan.
Saya sengaja komfilasi email/messages tersebut menjadi sebuah tulisan dengan format Tanya jawab karena saya memandang informasi tersebut juga dapat bermanfaat untuk orang lain yang sementara dalam persiapan menuju ke Australia.
Sekalian saya mohon izin kepada rekan-rekan yang terlibat dalam Tanya jawab ini. Saya sengaja menhilangkan nama untuk menjaga privasi teman tersebut.

Pertanyaan Ali Hapsah Menjawab
Pertanyaan tentang VU & Footscray
Saya ADS Awardee 2010, yang satu-satunya apply ke VU. Waktu sesi tentang Melbourne, gak ada yang tahu tentang VU dan Footscray. Mereka bahkan bilang'notorius place', jadi buat Saya khawatir.
Jangan berkecil hati, saya juga mengalami hal yang sama ketika saya dalam persiapan menuju ke VU pada tahun 2001 lalu dgn beasiswa ADS. Pada suatu sesi saya menanyakan mengenai VU tapi nggak ada yang kenal. Saya sempat terpikir untuk pindah Uni saat itu tapi masalahnya Uni lain tidak ada yang menawarkancourse yang saya inginkan, dan VU punya course itu. ANU yang menjadi preferensi saya ketika mengisi aplikasi dan wawancara, belakangan saya tahu kalau ANU tidak menawarkan course yang saya inginkan.Saya Bismillah berangkat dengan pilihan VU dan ternyata informasi yg saya dengar mengenai VU di Indo sangat berbeda dengan apa yang saya dapatkan setelah tiba di Melbourne. Kalau orang pernah ke Melbourne, nggak mungkin nggak tahu VU karena 3 dari 11 kampus VU ada di pusat kota, bahkan VU yang di City Flinders berada pas di depan stasiun Flinders Street. Saya malah curiga, jangan-jangan orang yang ditanya tersebut justru tidak terlalu tahu tentang Melbourne.
Penjemputan oleh VU
Saya dengar informasi kalau pihak VU menyediakan penjemputan gratis. Apa memang betul demikian? 
Pihak VU menyediakan penjemputan secara gratis kepada semua mahasiswa yang baru datang. Untuk reservasi, silakan buka link berikut: http://www.vu.edu.au/international-students/life-at-vu/before-you-arrive/airport-reception-request
Saya dapat info dari IDP dan VU Indonesia bila keluarga lebih baik berangkat menyusul. Saya sendiri juga berpikir begitu karena nanti kasihan anak-anak bila ikut bersama saya, sementara saya sendiri belumsettle semua.
Idealnya memang baiknya keluarga menyusul setelah mendapatkan permanen akomodasi. Kecuali kalau sudah dapat permanen akomodasi sebelum berangkat. Dalam beberapa kasus, teman yang masih berada di Indo take over flat teman Indo yang akan pulang for good. Yang seperti ini lebih membantu karena begitu tiba, kita tidak perlu mencari-cari lagi akomodasi.
Pertanyaan tentang lokasi yang pas untuk tempat tinggal dan akomodasi sementara
Saya rencana kuliah di Footscray. Kira-kira dimana saya bisa cari permanen akomodasi?
Main campus ada di Footscray berjarak sekitar 15 menit dari city naik train. Kebanyakan orang Indo berkampus di Footscray dan di city. Meskipun rekan-rekan Indo kuliah di city, hampir semuanya memilih untuk tinggal di Footscray karena jarak dan waktu tempuh ke city tidak terlalu jauh/lama. Disampiang itu, akomodasi relatif murah dibanding suburb lain. Produk/makanan Asia mudah didapat. Belanja buah, sayur, ikan, dll juga relatif lebih murah. Banyak rekan dari uni lain dan tinggal di suburb lain memilih belanja di Footscray karena harga-harga relatif murah.
Apakah jangka waktu 1 bulan cukup untuk mendapatkan permanent accommodation?
Kalau semuanya lancar biasanya tidak sampai memakan waktu sebulanan.
Mohon informasi akomodasi di sekitar Footscray?
Untuk sementara bisa masuk ke website www.realestate.com.au dan bisa sambil mencari flat yang tersedia disana. Di situs tersebut terdapat list semua flat yang disewakan. Lebih mudah kalau kita  sudah dapat preferensi kemudian mendatangi agen untuk proses  inspeksi, dll
Berapa kisaran bayaran per bulan untuk akomodasi
Saya sendiri tinggal di 2 bedrooms flat dengan pembayaran $960 per bulan. Sekarang untuk tipe yang sama berkisar $1100 ke atas
Saya tertarik dengan beberapa flat yang ada di list website. Kalau saya tertarik untuk futher info, apa yg bisa saya lakukan? Apa saya bisa email ke agentnya? Apakah memungkinkan utk minta foto bagian dalam?
Bisa saja email ke mereka dan menyampaikan bahwa tertarik dengan flat itu. Biasanya mereka akan mengalokasikan waktu khusus untuk inspeksi. Ada juga agen yang memberikan kunci dan kita bisa langsung ke flat itu untuk inspeksi sebelum memasukkan aplikasi
Bagaimana dengan temporary akomodasi?
Mengenai temporary akomodasi, biasanya rekan-rekan Indo disini memfasilitasi rekan-rekan yang baru datang untuk mendapatkan tumpangan sementara kalau kebetulan ada rekan-rekan yang punya kamar kosong. Alternatif lain, bisa juga booking untuk tinggal sementara di Student Village (akomodasi yang disediakan kampus) sampai mendapatkan permanen akomodasi.
Pertanyaan tentang Student Village
Kata teman-teman Student Village (akomodasi milik uni) itu lebih mahal, ya? Atau bagaimana kondisinya? Apakah bisa kontrak perbulan, atau dihitung per hari, ya? 
Student Village malah murah. Kenanya sekitar $600 per bulan sudah termasuk bill dan fully furnishedUntuk student village, kalau tidak kontrak setahun jadinya dihitung per hari. Kenanya sekitar $13 - $17 per hari. Menurut saya Student Village pas untuk yang masih single.
Pertanyaan tentang Childcare
Anak saya yang 3,5 tahun harus ikut childcare kah? Istri Saya tidak bekerja, dan bisa mengurus anak kami selama disana. 
Anak-anak tidak harus masuk childcare. Cuman kasihan kalau anak-anak harus tinggal dirumah terus. Childcare cukup mahal. Meskipun kita dapat Childcare Care Benefits (CCB) 100% dari Pemerintah, tapi tetap saja tidak bisa menutupi jumlah yang harus kita bayar ke childcare.Saya juga punya anak di childcare dan per bulannya saya masih harus mengeluarkan sekitar $500.
Selain childcare ada juga yg namanya Family Day Care. Yang ini relatif murah.
Pertanyaan seputar sekolah anak-anak
Bila di Aussie, tahun ajaran mulai bulan apa ya? Apakah sama dengan di Indo yg mulai bulan Juli?
Disini tahun ajaran baru mulai Januari.
Apa yg perlu saya bawa untuk persiapan sekolah anak-anak?
Untuk persiapan, meskipun semuanya bisa didapatkan disini, saya sarankan untuk bawa tas sekolah yang cantik, dan sepatu sekolah (any colour). Untuk uniform, dapat dibeli dari sekolah (bisa yang baru atau second). Harganya uniform lumayan mahal tapi wajib.
Mohon diberikan gambaran mengenai pelajaran yg diterima anak-anak di sekolah? Apa yang seperti pelajaran di Indo?
Untuk pelajaran, saya kira tidak perlu persiapan khusus, soalnya sistem pembelajaran kita beda. Anak-anak disini lebih banyak belajar sambil having fun. Mungkin perlu adaptasi sebulanan tapi setelah itu anak-anak sudah enjoy.
Dokumen apa saja yang harus saya siapkan untuk pendaftaran sekolah anak saya? Indonesia & English? Berapa copy? Berapa biaya pendaftaran? Berapa lama proses penerimaan dari memasukkan dokumen sampai letter of acceptance didapat?
Dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran anak di Primary School: 
  1. Mengisi Formulir pendaftaran
  2. A recent passport photograph
  3. Birth certificate or passport (page showing photograph and date of birth)
  4. School reports for the past two years
  5. A copy of the parent's Confirmation of Enrolment (CoE) or Visa
  6. A copy of the parent's Letter of Offer.
Semua dokumen ini akan dikirim ke Department of Education and Early  Childhood Development (DEECD) Victoria dan membutuhkan 3 sampai 4 minggu untuk mendapatkan Letter of Acceptance. Jadi yang mengeluarkan LoA bukan sekolah tapi pihak DEECD.
Untuk mempercepat proses, beberapa sekolah mau mengeluarkan surat keterangan yang menyatakan LoE yang bersangkutan sementara dalam proses. Berdasarkan pengalaman saya, Surat Keterangan dari sekolah tersebut sudah dapat digunakan untuk pengurusan Visa anak di Indonesia.
Untuk meminta Surat Keterangan dari sekolah diperlukan data diri si anak. Kalau memungkinkan, silakan scan dan kirim lewat email passport anak dan orangtua. Kalau belum ada passport, photo copy akte lahir asli dan terjemahan juga cukup.
Pengisian Formulir dan segala dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran dapat dilakukan setelah anak sudah tiba di Melbourne.
Karena saya akan minta ke institusi saya untuk membiayai sekolah anak-anak, maka saya harus menyampaikan ke mereka berapa kira-kira besar biaya schooling untuk anak-anak selama 1 tahun. Dari email sebelumnya menyebutkan bahwa biaya yang diperlukan sekitar AUD 200 per tahun. Apa memang semurah itu? Saya lihat di website imigrasi Aussie sekitar AUD 8,000 untuk children schooling. Mohon infonya karena institusi saya meminta informasi yang lebih detail.
Mengenai biaya, semua mahasiswa PhD dan Master by Research di Negara Bagian Victoria, apabila punya anak berumur SD sampai SMA, dibebaskan dari pembayaran sekolah. Jadi pada dasarnya tidak membayar biaya sekolah. Namun demikian sekolah biasanya melakukan pungutan untuk biaya buku yang nilainya sekitar $120 per tahun (jumlah bervariasi antar sekolah) dan untuk Secondary School bisa lebih mahal.Sekolah juga biasanya memungut biaya-biaya untuk   kegiatan extra di sekolah, seperti camping, excursion, dll. Kegiatan ini bisanya tidak wajib untuk diikuti. Artinya kalau anak-anak kita memilih untuk tidak ikut, maka dia tidak dikenakan biaya untuk kegiatan tersebut.
Anak saya yg kedua saat ini TK A. Berarti dia tidak akan bersekolah di tempat kakaknya. Apakah saya perlu mengurus sekolah buat dia sebelum berangkat ke Australia?
Untuk anak TK, tidak perlu diuruskan sekolahnya dari Indonesia. Yang perlu LoA untuk syarat pengajuan Visa, hanya usia sekolah SD sampai SMA. Sekolah TK bisa diurus setelah tiba disini. Berbeda dengan SD sampai SMA, untuk anak-anak yang masih dibawah 5 tahun biaya sekolah (childcare) tidak ditanggung oleh pemerintah. Tetapi pemerintah memberikan Childcare care Benefit (CCB)yang nilainya bisa mengcover sampai 50% pembayaran. Artinya 50%nya masih harus kita yang bayar. Tapi 50% yang kita bayar tersebut masih akan dikembalikan sebesar 50% oleh pemerintah melaluichildcare rebate yang secara reguler per 4 bulan akan otomatis disetorkan ke rekening kita
Bagimana proses adaptasi anak-anak waktu pertama kali datang? Apa mereka tidak mengalami kesulitan, terutama untuk di tingkat SD karena pelajaran sudah baku? Bagaimana dengan kendala bahasa? Apa anak-anak perlu dipersiapan khusus bahasa Inggrisnya sebelum berangkat?Apa pernah mengalami masa-masa anak-anak mogok sekolah karena factor bahasa?
Pengalaman anak saya ketika pertama masuk sekolah malah langsung enjoy aja. Nggak cukup sebulan bahasa Inggrisnya sudah kembali. Hal yang sama juga terjadi pada anak saya yang di childcare. kelihatannya mereka enjoy saja. Sekarang anak saya yang satu juga sudah masuk SD dan dia enjoy sekali. Malah yang satu sudah ikut-ikutan kepingin masuk SD padahal umurnya belum cukup. Saya lihat anak-anak rekan-rekan Indonesia yang lain juga begitu. Mereka tidak ada masalah dengan sekolahnya.Aanak saya yang masih usia childcare butuh 6 bulanan untuk bisa lancar bahasa Inggris. Sekarang malah mereka sudah nggak bahasa Indonesia lagi.

Sebelum berangkat saya tidak ada persiapan khusus untuk bahasa Inggris mereka. Saya kira kalau anak-anak cepat sekali belajar bahasa.
Pertanyaan Tentang Handpone, Printer, dll
Untuk handset handphone, apa di Aussie sekarang mengenal istilah CDMA seperti di Indo? Atau hanya GSM? Operatornya masih sama seperti yang lalu, (telstra, optus, dan vodaphone)?
Saya tidak pernah mendengar yang model CDMA. Yang saya tahu GSM dengan operator yang lebih beragam. Kebanyakan teman-teman di VU milih plan dengan Three. Dapat handset sekalian dengan kredit setiap bulannya. Banyak teman-teman yang justru tidak menggunakan handpone yang dibawa dari Indo karena ikut plan tadi.
Bagaimana dengan WIFI connection, apa seperti di Indo harus akses ke operator ponsel? Saya punya wireless modem (wimode), apakah itu bisa digunakan di oz?
Biasanya kalau kita langganan Broadband, provider juga menyertakan modem. Tapi saya kira nggak ada salahnya kalau modemnya dibawa. Kalau di kampus sih, asal laptop kita punya wireless, bisa langsungconnect ke wifi campus.
Mengingat kebutuhan riset kita terutama untuk browsing literatur jurnal, saya membayangkan kita akan banyak ngeprint. Bagaimana dengan printer? Apa perlu bawa dari Indo? Atau beli di Aussie? Harga printer di sana kira-kira berapa ya?
Untuk PhD student, semua kebutuhan printing, photocopy,  stationery, minum-minum tersedia di kantor masing-,masing dan bisa menggunakan seperlu kita.
Pertanyaan Seputar Biaya Hidup di Melbourne
Banyak hal yang saya mau tanyakan seputar hidup di Melbourne saat ini. Kata teman, biaya hidup sekarang sangat tinggi, dia bilang sekitar 1700-an utk single. Bisa sampai 2500 untuk family. Apa betul begitu? Teman saya itu masih single. Berdasarkan pengalaman hidup bersama dgn keluarga disana, apakah memang begitu?
Tarkait dengan kehidupan di Melbourne sekarang, saya kira apa yang disampaikan kamu itu benar adanya bahwa biaya hidup mengalami kenaikan yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan biaya hidup ketika kita ambil master. Cuman saya kira besaran biaya hidup tidak sebesar itu. Saya nggak tahu persis ya kalau pengalaman temannya, mungkin saja dia mengeluarkan sebanyak itu. Padahal menurut saya teman kamu itu mestinya pengeluarannya relatif kecil karena tinggal di Student Village. Berdasarkan pengalaman saya pribadi, dengan stipendyang saya terima, masih cukup untuk membiayai flat, bill, uang bensin dan childcare anak. Untuk belanja makan dirumah kadang-kadang memang saya di bantu istri yang kebetulan juga dapat kerjaan disini.
Bila tidak keberatan, boleh tau nggak kira2 gambaran biaya untuk akomodasi (berapa sekarang sewa flat 2 kamar), lalu meals (pasti kita masak sendiri kan untuk keluarga), transport (tiket tram/train brp?), lalu listrik, gas, telepon, dsb? Mengingat beasiswa saya terbatas, lebih rendah dari AusAID (itupun ada yg bilang, ngirimnya telat atau mepet), so saya harus mempersiapkan dengan matang.
Saat ini untuk seputaran footscray, sewa flat untuk 2 kamar berkisar antara 900 - 1200 per bulan dan 1 bed sekitar 700an -800an. Saya kebetulan masih dapat sewa flat 2 bedrooms yang 950 perbulan. Biaya makan relatif ya tergantung pola hidup kita. Untuk daerah Footscray sih agak tertolong karena barang2 relatif murah. Ya katakanlah 300 - 400 per bulan.Untuk bill listrik, gas, telepon, air dan internet, pengeluarannya saya perbulan sekitar 300an.
Untuk transportasi (bensin), saya mengeluarkan sekitar $40 per minggu. Kalau tiket mingguan berkisar $29 per minggu.
Yang agak berat biaya childcare Rara. Setiap bulannya masih mengeluarkan sekitar $500. Tapi childcare Rara terakhir tahun ini karena tahun depan udah masuk Prep. Kalau biaya sekolah di SD sih lumayan sedikit, kita hanya membayar sekitar $200 selama setahun. Itupun bisa dibayar per term.
Bagaimana dengan beasiswa Dikti, cukup nggak?
Untuk kecukupan, saya kira relative ya. Rekans Indonesia penerima beasiswa Dikti yang paling banyak sekarang disini, dan dari mereka membuktikan bahwa mereka bias survive dengan beasiswa dikti meskipun mereka masih harus mencari tambahan dengan bekerja part timeDiantara mereka ada memang yang bujang tapi mayoritas mereka bawa keluarga. ada yang punya anak 1, 2, 3 bahkan ada yang 4 dan sejauh ini mereka OK aja. Apalagi lagi nanti kalau sempat sambil kerja part time. Jangan lupa spouse bisa kerja full time loh. Jadi suami kan bisa sambil cari kerja juga disini.
Pertanyaan tentang kebutuhan dana awal kedatangan
Berapa kira-kira dana yang saya perlukan untuk proses settling awal? 
Paling saya kira untuk biaya makan sehari-hari. Kalau tinggal disekitar Footscray, praktis untuk transportasi mungkin tidak terlalu diperlukan. Cuman untuk keperluan aplikasi akomodasi, kadang-kadang pihak agen juga mempertimbangkan saldo account bank kita.  Artinya semakin banyak saldonya semakin baik. Saya sarankan kalau ada rekening Indo, meskipun duitnya tetap tersimpan disana sebaiknya bikin bank statementnya untuk menjadi lampiran  aplikasi akomodasi.Setahu saya pada saat aplikasi VISA diperlukan bank statenmen.  Sebaiknya bank statemen itu di copy dan dibawa untuk keperluan aplikasi akomodasi.
Pertanyaan tentang Cuaca Melbourne
Apakah musim dinginnya Melbourne sedingin Eropa? 
Musim dinginnya nggak sampai sedingin di Eropa. Di Melbourne biasanya di Musim dingin pagi hari bisa 2-6 derajat dan siangnnya 12 an

Comments

Popular posts from this blog

Tak Jadi Santap Siang Bareng Presiden

Meraih emas kategori the best speakers (pembicara terbaik) pada ajang National School Debating Championship (NSDC) di Palu, Sulawesi Tengah pada 10–16 Agustus, bisa mengobati kekecewaan Agung Aulia Hapsah. Pasalnya, pelajar SMA 1 Tanah Grogot, Kabupaten Paser itu, harus merelakan kesempatan emas bertemu Presiden Joko Widodo. Pada saat bersamaan, Agung yang cukup terkenal sebagai salah satu YouTuber tersebut mendapat undangan makan siang bersama Presiden di Istana Negara bersama YouTuber nasional lainnya, seperti Arief Muhammad, Cheryl Raissa, dan Natasha Farani. Ali Hapsah, ayah Agung membenarkan hal itu. Pasalnya, Agung harus terbang ke Palu untuk mewakili Kaltim.  “Agung adalah salah seorang yang diundang Pak Presiden. Tapi tak bisa hadir, karena harus mengikuti lomba debat bahasa Inggris di Palu,” kata Ali Hapsah. Meski demikian, pria ramah itu mengaku bangga karena karya-karya Agung khususnya di bidang sinematografi, mendapat perhatian dari presiden. “Apa yang dicapai Agun

Conducting Community Development Work in Developing Countries

INTRUDUCTION In the last two decades, countries throughout the world including developed and developing countries were faced the dramatic impacts of global reformation. This new restructuring suggest that we are moving rapidly from the era of the nation states toward a global community dominated by regional market economies and growing interdependence. It has become routine for international observers to point out the surprising changes have taken place in all aspect of global life politically, economically, socially and even culturally. However, a real "new world order" remains mysterious. While experts may claim the global spread of democracy, political and economic instability has reached an unparalleled level. Among developing countries remain experience economic crisis. The gap between rich and poor has doubled in the past three decades, so that we now live in a world in which 20% of its people consume more than 80% of its wealth. During the 1980s, per capita incom

Community Development: Between Expectation and Reality

INTRODUCTION Modernization promoted by western countries, followed by economic rationalism, has shown remarkable achievement. The presumption to its unquestionable success was based on the attaining of high performance of economic growth due to the high rate of investments in industrial sector. The development strategies following this approach is the achieving a maximum production by maximally managing resources with the purpose for people benefit. The principle of this strategy is that the increase of production would automatically increase the benefit for community. However, a range problem, including poverty, environmental deterioration, and the isolation of people from the development process, came up together with this sophistication.  It clearly indicates that this success unable to fulfil the most essential need for human being socially, economically and politically, which are the need for community to live with their environment harmonically, and the need for them to live in h